PEMAHAMAN PERSEPSI SOSIAL BAKSO PAK ATMO


Pada waktu saya berada di semester 4, saya memiliki kesempatan untuk merancang logo UMKM makanan yang bernama Bakso Pak Atmo untuk menciptakan identitas visual yang kuat untuk bisnis kuliner tersebut. 


  • What (Apa)

Bakso Pak Atmo adalah usaha yang didirikan oleh Pak Atmo sendiri sekitar tahun 2000. Pak Atmo dan istri selalu memilih bahan-bahan berkualitas tinggi untuk bakso mereka, memastikan bahwa setiap suapan memberikan rasa yang autentik dan lezat. Berkat kesungguhan mereka, Bakso Pak Atmo telah memenangkan hati pelanggan setia yang selalu datang untuk menikmati hidangan bakso tersebut.

  • Who (Siapa)

Bakso Pak Atmo adalah sebuah tempat makan yang istimewa karena mampu dinikmati oleh semua kalangan masyarakat tidak mengenal batasan usia. Bakso Pak Atmo juga mengutamakan kantong pelanggan. Harga yang terjangkau menjadikan tempat ini ramah untuk semua kalangan ekonomi. Siapa pun, dari pelajar hingga pekerja, dapat menikmati hidangan berkualitas tanpa harus khawatir tentang harga yang mahal. 

  • Why (Kenapa)

Karena Bakso Pak Atmo ini memiliki harga yang terjangkau yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Berbagai jenis bakso mulai dari bakso urat, bakso telor, bakso halus dan mie ayam di bandrol dengan harga Rp 10.000. Harga yang wajar menjadikan Bakso Pak Atmo sebagai tempat yang ramah untuk semua kalangan.

  • How (Bagaimana)

Logo ini dirancang dengan menampilkan karakter yang mencerminkan pemilik tempat makan ini, yaitu Pak Atmo. Dimulai dari pakaian karakter yang mencerminkan asal kelahiran pemilik UMKM ini yang menggunakan pakaian jawa dan menggunakan blangkon jawa. Kemudian, penggunaan warna yang menonjol pada logo ini adalah warna merah dan oranye digunakan untuk memancing selera makan dan membuat orang merasa lapar ketika melihat logo tersebut. Warna merah dan oranye ini juga sering dikaitkan dengan rasa panas dan hangat. Ini dapat memberikan kesan bahwa hidangan bakso yang disajikan di tempat dan sangat cocok untuk dinikmati dalam cuaca yang dingin atau sejuk.


Prinsip-Prinsip Persepsi Sosial pada Bakso Pak Atmo


  1. Persepsi Berdasar Pengalaman

Persepsi pengalaman pelanggan ketika melihat tempat makan bakso, yaitu tekstur bakso yang kenyal dan rasa yang gurih, serta rasa kaldu pada kuah bakso dengan harga bakso diperkiraan Rp. 15.000-25.000. Persepsi baru akan muncul ketika makan di Bakso Pak Atmo ini adalah dari harga yang sangat terjangkau ini bisa menikmati dan merasakan yang lezat.

  1. Persepsi Bersifat Selektif

Persepsi ini bisa muncul ketika pelanggan yang memiliki uang pas-pasan bisa merasakan dan menikmati bakso ini. Kemudian, ketika pelanggan lewat atau berjalan bisa melihat logo tersebut kemudian mendatangkan persepsi kuah bakso yang hangat dan cocok dinikmati di segala cuaca.

  1. Persepsi Bersifat Dugaan

Persepsi dugaan muncul ketika melihat logo tersebut adalah pedagang bakso yang berasal dari Jawa.

  1. Persepsi Bersifat Evaluatif

Persepsi yang muncul berdasarkan masa lalu ini adalah menciptakan kesan kelezatan dan ketika melihat logo mereka mungkin merasa lapar atau tergoda. 

  1. Persepsi Bersifat Kontekstual

Persepsi yang muncul adalah kita bisa makan pada saat cuaca apapun dan kapanpun. Dimana ketika muncul keadaan pusing, mual, dll kita biasa mencari makanan yang pedas dan berkuah untuk menetralkan rasa dan keadaan tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mispersepsi pada Tayangan Iklan Dove 2017

Analisis Sensasi dan Persepsi Bahasa Visual Pada Lukisan Karya Lee Man Fong