Mispersepsi pada Tayangan Iklan Dove 2017

 

Pada tahun 2017 perusahaan Unilever meluncurkan iklan di facebook melalui produknya, yaitu sabun Dove. Dove, telah mempublikasikan sebuah iklan di akun Facebook resminya yang menampilkan beragam model perempuan dengan berbagai warna kulit, termasuk yang memiliki warna kulit yang lebih gelap atau kulit negro. 

Dalam iklan tersebut, menampilkan seorang wanita kulit hitam melepas kaosnya dan berubah menjadi seorang wanita kulit putih. Walaupun perubahan tersebut sebenarnya tidak ada hubungannya dengan produk Dove atau produk perawatan kulit apa pun, banyak yang menafsirkan perubahan tersebut sebagai sugesti bahwa produk Dove dapat memutihkan kulit, serta banyak orang merasa bahwa iklan tersebut mendorong pandangan bahwa kulit putih adalah standar kecantikan yang diinginkan. 

Mispersepsi ini sangat merugikan karena dapat meremehkan nilai keragaman dan menguatkan stereotip kecantikan yang tidak sehat. Dove segera menghapus iklan tersebut dan meminta maaf atas kesalahpahaman yang muncul. Mereka berupaya untuk menjelaskan bahwa pesan sebenarnya adalah tentang merayakan keragaman dan semua jenis kulit, tetapi pesan tersebut tidak tersampaikan dengan jelas dalam iklan tersebut.

Untuk menghindari atau menangani mispersepsi dalam iklan tersebut, Dove dan tim periklanannya dapat melakukan berbagai langkah dan perubahan strategi yang lebih baik. Berikut beberapa solusi yang bisa dipertimbangkan, yaitu:


  1. Uji iklan lebih dulu: Sebelum mengeluarkan iklan, Dove bisa mencoba iklannya dengan orang-orang berbeda, dari latar belakang yang beragam. Ini bisa membantu menghindari masalah sebelum iklan disebarkan.

  2. Pesan yang jelas: Dove harus membuat pesan dalam iklan lebih mudah dimengerti sehingga tidak ada ruang untuk penafsiran yang salah.

  3. Tim produksi: Dove harus memastikan tim yang membuat iklan mereka juga beragam dalam pengalaman dan pandangan. Ini dapat membantu mencegah stereotip atau pengertian yang tidak sensitif.

  4. Komitmen yang kuat: Dove harus menunjukkan komitmennya terhadap nilai-nilai yang sesuai dengan iklan mereka, seperti keragaman dan kecantikan dalam berbagai bentuk.

  5. Menerima kesalahan: Jika terjadi kesalahan, Dove harus siap untuk mengakui kesalahan, meminta maaf, dan berkomitmen untuk memperbaikinya.


Ini adalah langkah-langkah yang bisa membantu Dove menghindari kesalahan seperti ini di masa depan dan memperbaiki hubungan mereka dengan konsumen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Sensasi dan Persepsi Bahasa Visual Pada Lukisan Karya Lee Man Fong

PEMAHAMAN PERSEPSI SOSIAL BAKSO PAK ATMO